Permintaan Kopi Arabika "Java Ijen Raung Dari Luar Negeri Semakin Meningkat


Sejak Bondowoso mendeklarasikan diri sebagai Republik Kopi pada Mei 2016 lalu, perkembangan produk kopi Bondowoso utamanya jenis arabica yang telah memiliki label “Java Ijen Raung” semakin meningkat. Bahkan akhir tahun 2016 ini stok di sejumlah kelompok petani sudah habis dan tidak sanggup lagi memenuhi permintaan pasar.

“Seakan menggila, permintaan dari sana sini baik dalam maupun luar daerah dan luar negeri itu terus terusan. Dari 24 kelompok tani, hanya 4 kelompok yang saat ini masih punya stok kopi,” ujar Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Muhammad Erfan, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (27/12/2016).

Kopi Ijen Raung di Kabupaten Bondowoso, sudah mendapatkan sertifikat indeks geografis (IG). Petani kopi di wilayah gunung ijen terus meningkatkan kualitas kopi dengan didamping sejumlah pihak diantaranya Puslitkoka, Perbankan, dan koperasi.

Para petani kopi di Bondowoso, lanjutnya, semakin menyadari arti penting keberadaan hutan. Konsep pengelolaan hutan secara lestari dengan budidaya yang ramah lingkungan mulai digalakkan oleh para petani kopi di daerah timur Pulau Jawa ini.

Erfan berharap dengan lahan hutan seluas 13 ribu hektar yang ditanami kopi akan mampu menyumbang devisa negara dari ekspor kopi dari Bondowoso.

Erfan menyebut bahwa Indonesia dalam kondisi darurat kopi seiring meningkatnya konsumsi kopi nasional yang besaranya hampir menyamai besaran ekspor kopi ke luar negeri.

Dalam perkembangan waktu, dikhawatirkan Indonesia akan impor kopi karena kebutuhan di dalam negeri sangat besar.

Ia menyebut, angka eskpor kopi pada 2015 sebesar 382 ribu ton. Sedangkan besaran kebutuhan dalam negeri sudah mencapai 300 ribu ton. Jumlah tersebut terus meningkat seiring kebutuhan konsumsi nasional.

“Kebutuhan konsumsi dalam negeri hampir menyamai jumlah ekspor kopi Indonesia. Dikhawatirkan, Tahun 2023 Indonesia bukan lagi sebagai eksportir namun menjadi importir,” ujarnya.

Erfan pun berharap, Bondowoso dapat menjadi model atau percontohan bagi pengembangan pengelolaan kopi di kawasan hutan dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan.(humas dan pde)

sumber - www.bondowosokab.go.id
Share this article :
+
Previous
This is the oldest page
0 Komentar untuk "Permintaan Kopi Arabika "Java Ijen Raung Dari Luar Negeri Semakin Meningkat"

SAY NO TO DRUGS

SAY NO TO DRUGS