Keset UD. Makmur Desa Sumbersuko


Hasil Produksi Keset Desa Sumbersuko-Klabang

Desa Sumbersuko kaya akan kerajinan tangan yang sudah menjadi usaha sampingan keluarga. Selain kerajinan batik, desa Sumbersuko juga termasuk desa yang memproduksi keset dengan berbagai ukuran. Kerajian keset ini banyak dilakukan oleh para ibu rumah tangga sambil mengisi kekosongan waktu ditengah kesibukan mengurusi rumah tangganya. Produk keset yang dihasilkan banyak dijual dipasaran dengan kisaran harga yang sangat terjangkau dengan berbagai pola dan ukuran.

Usaha Desa "Makmur" pusat pengrajin Keset kain perca
Desa Sumbersuko Klabang-Bondowoso
Produksi keset yang dihasilkan warga desa Sumbersuko dapat terbilang sebagai keset dengan kualiatas yang baik. Jenis keset yang dihasilkan dibuat dari kain perca yang diracik dengan apik sehinga membentuk suatu pola yang menarik. Keset yang diproduksi ibu Tomami misalnya, ciri khas keset yang diproduksi dengan pola kombinasi warna yang menarik dan dijahit dengan rapi. Sehingga ibu Tus (panggilan akrabnya), banyak mendapatkan orderan dari para pedagang keset di Bondowoso dan Situbondo.
Ibu Tus pengrajin keset kain perca desa Sumbersuko
Klabang-Bondowoso

Ibu Tomami merintis usaha produksi keset mulai tahun 2000. Brangkat dari menerima jasa menjahit dari tetangga sekitar, ibu Tomami mendapat inspirasi untuk memanfaatkan kain perca yang dihasilkan dari sisa menjahit baju pesanan. Kelebihan kain perca yang tidak terpakai itu kemudian disulap mejadi kerajinan keset yang cantik. Pembuatan keset ini dilakukan dengan apik sehingga menghasilkan jahitan yang rapi dan warna yang elegan.

Awal dari usaha keset wanita yang sudah memiliki satu cucu ini hanya dilakukan pada waktu senggang dengan menggunakan akain perca  rayon dan kain kaos. Keset yang dihasilkannya hanya dikonsumsi pribadi dan untuk  keluarga besarnya. Lambat laun ibu Tomami dibanjiri permintaan keset dari tetangga dan para mengepul keset. Banayaknya permintaan keset ini mengilhaminya untuk memproduksi keset dalam jumlah besar dengan memanfaatkan kain perca yang dihasilkan para penjahit di desa Sumbersuko. Sekarang para penjahit desa Sumbersuko bersama ibu Tomami memproduksi keset dengan label “Produksi UD. Makmur “ guna memenuhi permintaan para pengepul dari kota Bondowoso dan Situbondo.

Untuk mendapatkan keset desa Sumbersuko hanya perlu merogoh gocek yang tidak mengurak kanton. Keset desa Sumbersuko hanya dibandrol Rp. 8000. Untuk bentuk oval (kecil), Rp. 11.000 untuk ukuran sedang  dan Rp. 27. 500, untuk keset yang berukuran besar. Berikut beberapa foto keset “bu Tus” desa Sumbersuko :
Hasil Produksi Keset Desa Sumbersuko-Klabang


Hasil Produksi Keset Desa Sumbersuko-Klabang



Hasil Produksi Keset Desa Sumbersuko-Klabang


Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Keset UD. Makmur Desa Sumbersuko"

SAY NO TO DRUGS

SAY NO TO DRUGS